Sambutan
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan

Asalamualaikum  wr.wb

Salam sejahtera dan salam sehat untuk kita semua.

Seperti yang kita ketahui bersama, Pendidikan saat ini  mengalami  berbagai macam perubahan termasuk terhadap sistem permbelajaran yang dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan.

Sistem pembelajaran yang dahulunya hanya dilaksanakan dengan strategi tatap muka langsung namun saat ini dilaksanakan juga dengan kolaborasi yaitu menerapkan konsep pembelajaran blended learning yang berbentuk kombinasi antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online sebagai wujud kesiapan menghadapi perkembangan dunia digital yang semakin pesat.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan lantas mengupayakan pengembakan sistem pembelajaran online yang mudah diakses dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh peserta didik dan dewan guru se- Kota Pasuruan melalui SPOT SUROPATI ‘’ Sistem Pembelajaran Online Terpadu  SUROPATI ‘’.

Kini SPOT SUROPATI telah mengalami berbagai pengembangan yang signifikan dalam upaya untuk tetap mendukung kebutuhan belajar siswa /siswi yang berada di satuan pendidikan jenjang SD dan SMP Negeri /Swasta se-Kota Pasuruan dan dalam meng-Implementasi-kan Kurikulum Merdeka (IKM) yang sedang digaungkan oleh Mas Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang salah satunya adalah dengan adanya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Kaitannya dalam mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) maka SPOT SUROPATI telah menfasilitasi  bapak/ibu guru dalam melaksanakan AKM kelas bagi peserta didiknya secara mandiri dan terjadwal sendiri guna melatih kesiapan peserta didik dalam menghadapi pembelajaran yang semakin terbuka dengan dunia digital.

Selain AKM Kelas, SPOT SUROPATI juga telah menfasilitasi bagi pelaksanaan AKM pada level sekolah dan level kota sehingga diupayakan mampu menjadi salah satu media dalam memonitor kualitas pendidikan.

Selain itu Kepala Sekolah dan Pengawas juga dapat memanfaatkan SPOT SUROPATI  dalam melakukan validasi, rekomendasi dan catatan digital kepada guru ketika melaksanakan pembelajaran sehingga dengan demikian secara tidak langsung, seluruh elemen yang ada di dunia pendidikan mendapatkan peningkatan kompetensi yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan diri dan pengembangan kompetensi siswa/siswi melalui pemanfaatan SPOT SUROPATI.

Dan kepada seluruh siswa-siswi yang saya cintai tetap semangat untuk terus belajar, manfaatkan waktu untuk hal-hal yang positif dalam menggapai asa dan cita-cita.
Ada kutipan menarik yang ingin saya sampaikan kepada seluruh elemen pendidikan baik kepada orang tua , siswa- siswi , guru dan tenaga pendidikan lainnya

Bahwa apapun keadaannya maka fokuslah pada kebangkitan yang bisa dilakukan bukan pada halangan apa yang diberikan, agar sukses dan keberhasilan bukan hanya di angan tapi terwujud menjadi kenyataan.

Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh elemen yang ada di dunia pendidikan baik pengawas, kepala sekolah, guru, dan siswa-siswi agar memanfaatkan SPOT SUROPATI secara optimal dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka  di Kota Pasuruan.

Terakhir saya ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru yang telah mengambil peran optimal dalam peningkatan kualitas pendidikan baik dalam penguatan karakter dan praktik baik yang telah dilakukan tentunya dalam meng-Implementasikan Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk mencetak Pelajar Pancasila. Berikut dapat kita saksikan video video terbaik karya dari bapak/ibu tenaga pendidik di Kota Pasuruan.

Demikian, Terimakasih atas segala perhatian dan kerjasama. Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan kemudahan dalam peningkatan kualitas pendidikan. Aamiin

Wassalamualaikum wr. wb

Salam  Pembelajaran Digital